Beranda‎ > ‎

Panduan


Pedoman 2015 Program Kreativitas Mahasiswa

diposting pada tanggal 1 Mei 2016 20.47 oleh Ernes Cahyo

Buku Pedoman PKM 2015 mengakomodasikan dinamika yang terus berkembang di lingkungan pembina mahasiswa dan mahasiswa. Evaluasi tahunan yang dilakukan oleh Satgas PKM Direktorat menunjukkan adanya kebuntuan aspirasi mahasiswa pada kreasi-kreasi yang menghasilkan piranti lunak bahkan sampai prototipe.

Agar objektivitas pengelolaan PKM dan PIMNAS dapat terjaga dengan baik, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat menerbitkan Buku Pedoman PKM 2015 sebagai acuan bagi semua pihak di Perguruan TInggi yang memerlukan informasi tentang sejarah, uraian umum, kriteria penulisan proposal, teknik penilaian di setiap tahap pelaksanaan, teknik penyusunan laporan seluruh program PKM yang ditawarkan, juga bentuk apresiasi yang diberikan.

Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi X Tahun 2016

diposting pada tanggal 19 Apr 2016 00.45 oleh Ernes Cahyo

Buku Panduan ini memuat uraian setiap skema Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, yang di dalamnya juga memuat penjelasan rinci tentang tata cara pengajuan, seleksi proposal, monitoring dan evaluasi pelaksanaan serta pelaporan hasil kegiatan.

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI PERGURUAN TINGGI EDISI IX

diposting pada tanggal 19 Apr 2016 00.41 oleh Ernes Cahyo

Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ini menjelaskan tentang kebijakan atau mekanime pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi yang dananya berasal dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Buku Panduan ini memuat uraian setiap skema Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, yang di dalamnya juga memuat penjelasan rinci tentang tata cara pengajuan, seleksi proposal, monitoring dan evaluasi pelaksanaan serta pelaporan hasil kegiatan.

PANDUAN PENGGUNAAN SIM-LITABMAS UNTUK OPERATOR LP/LPPM DAN PENGUSUL PROPOSAL PENELITIAN

diposting pada tanggal 19 Apr 2016 00.33 oleh Ernes Cahyo

Sesuai ketentuan yang tercantum pada Buku Pedoman Panduann Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi IX Tahun 2013, seluruh pengusulan skema hibah oleh perguruan tinggi harus dilakukan secara online melalui http://simlitabmas.dikti.go.id. Untuk mengawali pengusulan hibah secara online ini dibuatlah panduan yang membantu operator LP/LPPM dan pengusul proposal penelitian.

Panduan Penggunaan Simlitabmas

diposting pada tanggal 2 Nov 2015 21.09 oleh Ernes Cahyo   [ diperbarui2 Nov 2015 21.34 ]

Program aplikasi Simlitabmas ini berfungsi sebagai pengganti proses pengusulan proposal P2M yang sebelumnya dilakukan secara manual dan kini akan dilakukan dengan cara online (proposal online), selain itu,juga akan dipakai untuk evaluasi proposal, penyampaian laporan kemajuan (monev) serta informasi penting lainnya secara online.

Program Aplikasi Simlitabmas ini direncarankan akan diterapkan pada pengusulan program penelitian , pengabdian kepada masyarakat, kreativitas mahasiswa, HKI, publikasi mulai tahun anggaran 2013. Dan mulai Januari 2013 seluruh proposal yang diterima dikti hanya yang berformat pdf dalam 1 file (tidak terpisah-pisah antara halaman judul, lembar pengesahan, isi dan lampiran).

Usulan proposal on line dilakukan oleh operator SIM LPPM atau dosen (pengusul) secara mandiri namun tetap berkoordinasi dengan LPPM. Panduan penggunaan Simlitabmas dapat di unduh pada link berikut ini.


Panduan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

diposting pada tanggal 2 Nov 2015 20.57 oleh Ernes Cahyo   [ diperbarui2 Nov 2015 20.59 ]

PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yaitu PKM.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

1-6 of 6